5 Tips Persiapan Sebelum Magang di Negara Tirai Bambu

Indonesia Satu Manajemen,
12 Januari 2022 - 21:12

Magang merupakan langkah pertama untuk mengenal dunia pekerjaan. Dari kegiatan ini Anda bisa mengetahui bagaimana lingkungan kerja, bidang-bidang tertentu, berhubungan dengan bamyak orang hingga mendapatkan jaringan lebih luas.

Indonesia merupakan negara yang bekerja sama dengan asing untuk mengirimkan tenaga kerjanya guna kerja sama di bidang SDM, salah satunya yaitu Cina. Negara Tirai Bambu sendiri menyediakan beberapa program magang yang diperuntukkan bagi siapapun baik mereka yang memiliki gelar sarjana atau bahkan tidak.

Sebelum memutuskan untuk pergi magang ke Tiongkok, ada baiknya lakukan tahap-tahap berikut untuk memudahkan. Simak ulasannya!

  • Putuskan kapan harus pergi

Program magang di Cina diadakan sepanjang tahun. Namun sebagian besar diselenggarakan pada musim semi hingga dingin. Dengan demikian, tentukan kapan akan berangkat dan cari waktu longgar, sehingga tidak mengganggu kegiatan magang.

  • Tentukan bidang pekerjaan

Cina menyediakan berbagai macam bidang pekerjaan. Beberapa yang disediakan untuk tenaga kerja asing yakni pendidikan, bisnis, pariwisata, manufaktur, teknologi dan obat-obatan. Fokuskan terlebih dahulu guna mempermudah mencari perusahaan dengan sektor yang diinginkan.

  • Pilih porgam magang terbaik

Sebelum turut serta dalam program magang, ada baiknya ketahui terlebih dahulu tentang penawaran tersebut, meliputi reputasi, visi misi, bidang yang ditawarkan, fasilitas hingga kemudahan. Mengulas lebih dalam tentang hal ini bisa juga dilakukan melalui situs resmi untuk informasi lebih meyakinkan.

  • Rencanakan keuangan

Nilai mata uang Indonesia dan Cina sangat berbeda. Maka harga kebutuhan sehari-hari juga tidaklah sama. Lakukan riset untuk mengetahui biaya hidup di Tiongkok lalu bagaimana cara membagi yang disesuaikan dengan gaji kerja magang.

  • Siap-siap pergi!

Bersiap magang di luar negeri terdengar sangat menyenangkan. Rasanya sudah tidak sabar bergabung dengan perusahaan yang sudah dipilih. Ditambah lagi bertemu dengan teman-teman dari belahan dunia manapun. Maka kini saatnya untuk pergi ke Cina!

 

Melalui langkah-langkah di atas, Anda dapat lebih mudah memilih dan mempersiapkan kerja magang. Selamat berjuang!  

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp